26 November 2020   15:16 PM
Enam Pasar di Gunungkidul Diawasi CCTV, Bantu Pantau Protokol Kesehatan

Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta, memasang kamera CCTV dan pengeras suara di enam lokasi pasar. Hal ini bertujuan untuk mengawasi pelaksanaan protokol kesehatan selama pandemi COVID-19.

Menurut Johan Eko Sudarto, Kepala Disperindag Gunungkidul, keenam lokasi pasar yang dipasangi CCTV dan pengeras suara tersebut adalah Argosari di Kapanewon Wonosari, Pasar Semin di Kapanewon Semin, Pasar Playen di Kapanewon Playen. Kemudian Pasar Legundi di Kapanewon Panggang, Pasar Munggi di Kapanewon Semanu, serta Pasar Trowono di Kapanewon Paliyan.

"Perangkat ini tak hanya melengkapi sarana dan prasarana di pasar, selain untuk menunjang keamanan, namun juga dapat dimanfaatkan untuk memantau aktivitas di pasar. Pemasangan kedua alat ini sudah dimulai sejak satu bulan lalu dan diharapkan akhir November ini rampung," kata Johan, seperti dilansir yogya.inews.id.

Dia menjelaskan Disperindag mengoptimalkan pelaksanaan protokol kesehatan di lingkungan pasar sehingga upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Alat-alat tersebut bisa digunakan untuk memantau saat terjadi kerumuman orang dan bisa langsung diumumkan lewat pengeras suara agar pengunjung bisa saling menjaga jarak.

denny
Editor
  Share  :