9 March 2020   15:16 PM
Honeywell Luncurkan Solusi Gedung Berkelanjutan Otonom

Perusahaan raksasa teknologi, Honeywell, baru saja mengumumkan peluncuran Honeywell Forge Energy Optimization. Ini adalah solusi berbasis Cloud dan machine learning yang secara simultan mempelajari pola penyerapan energi pada sebuah gedung dan otomatis melakukan penghematan energi di saat bersamaan.

Solusi penghematan konsumsi energi untuk gedung pertama di dunia ini dapat melakukan penghematan hingga pada angka dua digit dan sanggup mengurangi jejak karbon pada gedung. Hebatnya lagi, Honeywell Forge Energy Optimization dapat diaplikasikan pada sebuah gedung tanpa harus mengganggu sistem operasi yang sudah ada sebelumnya.

Selama uji coba yang dilakukan pada Hamdan Bin Mohammed Smart University (HBMSU) di Dubai, Uni Emirat Arab, solusi Honeywell Forge Energy Optimization mampu melakukan penghematan energi hingga 10 persen. Solusi ini diaplikasikan pada building management system (BMS) gedung universitas yang sudah ada sebelumnya.

Penambahan solusi penghemat energi ini sangat spesial, sebabnya HBMSU dianggap gedung pintar yang sudah memakai teknologi terintegrasi antara pencahayaan, pendinginan, manajemen gedung hingga ke daya listrik dan pengontrol efisiensi.

"Sebagai gedung pintar, universitas ingin mengadopsi teknologi terkini untuk diaplikasikan ke seluruh kampus dan memastikan penggunaan energinya sangat efisien. Kami senang dengan hasil proyek uji coba dari Honeywell Forge Energy Optimization yang mampu melakukan penghematan energi di luar perkiraan kami sebelumnya," kata Dr. Mansoor Al Anwar, Rektor HBMSU.

"Gedung bukan hanya sekedar paduan besi dan beton, melainkan juga sebuah ekosistem dinamis yang kebutuhan energinya berfluktuasi berdasarkan banyak variabel seperti cuaca atau tingkat okupansinya. Dengan Honeywell Forge Energy Optimization, kami mengevolusi pengoperasian gedung lebih jauh ke depan. Dengan mengandalkan algoritma self-learning terbaru dan digabungkan dengan kontrol otonom, solusi ini dapat membantu operasional gedung dalam menghemat energi sesuai kebutuhan dan mengkreasikan solusi gedung berkelanjutan," ujar David Trice, VP & General Manager Honeywell Connected Buildings.

denny
Editor
  Share  :