16 September 2020   15:16 PM
Kota di Indiana Gunakan CCTV Pengenalan Wajah Portabel Cegah COVID-19

Kota Crown Point yang terletak di barat laut Indiana, Amerika Serikat, berencana memasang kamera CCTV jaringan dengan teknologi pengenalan wajah. Hal ini dilakukan untuk memperlambat penyebaran pandemi COVID-19 yang semakin parah.

Direktur media kota Crown Point, Adam Graper, mengatakan kamera analitik dapat mengidentifikasi ketika orang tidak melakukan jarak sosial melalui peta panas atau heatmap yang menunjukkan adanya beberapa individu yang berkumpul.

Dalam rapat Dewan Pekerjaan, Graper menjelaskan bahwa pemerintah telah mengevaluasi kembali bagaimana kota itu menggunakan teknologi untuk berinteraksi dengan masyarakat. Dengan adanya peta panas yang mengidentifikasi sekelompok besar orang itu kata Graper, kota dapat memasang pemberitahuan kerumunan.

Proyek ini akan mencakup 24 kamera analitik dengan resolusi 4K. Kamera yang digunakan portabel dan dapat dipindahkan ke bagian lain kota.

"Karena mereka dapat mengidentifikasi kurangnya jarak sosial, menghasilkan peta panas dan memanfaatkan pengenalan wajah untuk pelacakan kontak, proyek tersebut harus memenuhi syarat untuk penggantian di bawah pendanaan bantuan virus Corona federal," kata Graper, seperti dilansir Akurat.

Kamera yang digunakan dinilai sangat detail dan dapat melakukan pengenalan wajah. Namun, sistem juga bisa luput jika orang memakai masker untuk melindungi diri dari virus.

Sebuah studi pendahuluan yang diterbitkan oleh agensi AS musim panas ini menemukan bahwa sistem pengenalan wajah komersial terbaik pun memiliki tingkat kesalahan setinggi 50 persen ketika mencoba mengidentifikasi wajah bermasker.

Penelitian juga menunjukkan bahwa sistem pengenalan wajah yang digunakan lembaga penegak hukum lebih cenderung melakukan kesalahan saat mengidentifikasi orang dengan kulit lebih gelap.

Studi pendahuluannya hanya memeriksa algoritma yang dibuat sebelum pandemi, tetapi langkah selanjutnya adalah melihat bagaimana akurasi dapat meningkat saat penyedia komersial menyesuaikan teknologinya dengan era ketika begitu banyak orang memakai masker.

denny
Editor
  Share  :